Artikel

Inhouse Training Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 

Angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) merupakan indikator derajat kesehatan suatu negara. AKI dan AKB di Jawa Timur merupakan salah satu dari 10 besar provinsi dengan AKI dan AKB tertinggi di Indonesia. Kabupaten Jember sendiri merupakan Kabupaten/Kota dengan jumlah kematian ibu terbanyak di Provinsi Jawa Timur.

 

Penyebab terbanyak kematian ibu antara lain preeklampsia / eklampsia dan perdarahan. Kematian ibu di kabupaten Jember sampai dengan bulan Juni 2022 sebanyak 28 kematian sedangkan kematian bayi sebanyak 151 kematian dimana sebanyak 68,25% kematian ibu terjadi di Rumah Sakit, sehingga kualitas pelayanan dan ketepatan waktu penatalaksanaan perlu ditingkatkan.

 

Rumah Sakit Daerah Kalisat sebagai Rumah Sakit PONEK 24 Jam merupakan bagian dari sistem rujukan pelayanan kedaruratan maternal-neonatal, yang berperan dalam menurunkan AKI dan AKB. Kunci keberhasilan PONEK adalah ketersediaan tenaga kesehatan yang kompeten, serta sarana prasarana dan manajemen yang handal.

 

Untuk mencapai kompetensi pelayanan ibu dan bayi baru lahir yang baik, maka tenaga medis perlu mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan perubahan perilaku dalam pelayanan kepada pasien.

 

Mengingat pentingnya keberhasilan PONEK di RSD Kalisat, maka perlu dilakukan refresing PONEK melalui InhouseTraining PONEK agar pelayanan PONEK yang bermutu dapat dipertahankan oleh tenaga kesahatan yang kompeten di RSD Kalisat. Maka dariitu  RSD Kalisat mengadakan InhouseTraining yang melibatkan Tenaga Kesehatan RSD Kalisat dan Tenaga Kesehatan di Catchment Area yang dilaksanakan Gelombang 1 pada Kamis-Jumat tanggal 8-9 September 2022 dan Gelombang 2 pada Kamis-Jumat tanggal 15-16 September 2022.

Pada saat pelaksanaan InhouseTraining PONEK juga dihadiri oleh Bapak Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU.

 

 

Copyright © 2018 RSD Kalisat . All Rights Reserved

Search