Artikel

Hipertensi, Si Pembunuh Senyap!

Penilaian: 1 / 5

Aktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Ali Baswedan menyampaikan “hipertensi adalah suatu penyakit yang dalam keadaan tertentu tidak bergejala. Tidak ada gejala tetapi begitu diukur tensi tiba-tiba tinggi, namun ada juga yang ditandai dengan gejala sakit kepala, merasa tidak nyaman dan lain-lain. Tetapi sebagian besar hipertensi, tidak bergejala atau silent, dan itu yang berbahaya” (Agung, 2023).

Berdasarkan hasil data World Health Assembly, 73% kematian di Indonesia disebabkan oleh kelompok penyakit ini seperti hipertensi, jantung, diabetes, stroke dan kanker.

Faktor risiko penyakit hipertensi terbagi menjadi dua, yakni (P2PTM Kemenkes RI, 2019):

1.        Faktor risiko yang tidak dapat diubah: umur, jenis kelamin, riwayat keluarga

2.        Faktor risiko yang dapat diubah: merokok, kurang makan buah dan sayur, konsumsi garam berlebih, berat badan berlebih/kegemukan, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol berlebih, dislipidemia, stres. 

Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tidak menular dengan menghindari faktor resikonya seperti (Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, 2023):

1.      Batasi gula, garam dan lemak secara berlebihan

2.      Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari

3.      Tidak merokok atau terpapar asap dan residu rokok

4.      Jaga berat badan ideal untuk cegah obesitas

5.      Cek kesehatan secara teratur

6.      Serta selalu menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat.

 

REFERENSI

Agung. 2023. Pakar Kesehatan : Penderita Hipertensi Perlu Stop Sumber Garam. https://ugm.ac.id/id/berita/23381-pakar-kesehatan-penderita-hipertensi-perlu-stop-sumber-garam [Diakses pada February 4, 2023].

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. 2023. Waspada Penyakit Tidak Menular Penyebab Kematian Tertinggi Di Indonesia [Selasa Sehat]. https://dinkes.kalbarprov.go.id/waspada-penyakit-tidak-menular-penyebab-kematian-tertinggi-di-indonesia-selasa-sehat/ [Diakses pada February 4, 2023].

P2PTM Kemenkes RI. 2019. Apa Saja Faktor Risiko Hipertensi? https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-saja-faktor-risiko-hipertensi#:~:text=Merokok%2C [Diakses pada February 4, 2023].

 

Copyright © 2018 RSD Kalisat . All Rights Reserved

Search